Kuliah Tamu oleh Prof. Paul W. S. Heng, dari National University of Singapore

Jum’at, 9 Maret 2018, bertempat di Ruang Edukatorium Lantai 4, Sekolah Farmasi Instutut teknologi bandung (SF ITB) menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik “Materials for Solid Dosage Form”. Kuliah tamu yang  dihadiri hampir  100 orang peserta mulai dari Mahasiswa  Tingkat Sarjana, Magister, Doktoral dan Dosen-dosen Sekolah Farmasi ITB ini, diadakan di Ruang Edukatorium Lt.4 LABTEK VII, dengan menghadirkan pembicara yakni Assoc. Prof. Dr. Paul Heng Department of Pharmacy, National University of Singapure.

Dikutip saat memberikan sambutan, Dr. Rachmat Mauludin, M.Si, Apt selaku ketua prodi Magister Farmasi Sains dan Farmasi Industri  mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan  ilmu pengetahuan  terutama pada aspek farmasi industry guna meningkatkan kualitas Mahasiswa SF ITB.

Dalam materi kuliah tamu kali ini, beliau lebih membahas mengenai pharmaceutical technology, dengan menitik beratkan pada manufacturing processes dan tablet dosage form. Menurut beliau, suatu sediaan tablet yang optimum merupakan tablet yang terdiri atas perbandingan plastic materials dan brittle materials yang sesuai, agar terhindar dari masalah-masalah yang timbul selama proses pembuatan tablet (misalnya, capping, sticking, cracking, dan sebagainya) dan menghasilkan tablet yang padat/kompak dalam periode waktu yang diinginkan hingga tablet tersebut dikonsumsi. Sehingga, untuk itu sangat diperlukan pengetahuan mengenai setiap material properties dalam formulasi sediaan tablet, baik itu dari zat aktif maupun eksipien.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bagian dari kegiatan Seminar of Pharmaceutical Industry yang akan dilaksanakan pada sabtu besok (10/03/2018) dengan tema “Ensuring the Sustainability of Indonesian Pharmaceutical Industry.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *